Kamis, 29 November 2012

PENELITIAN TERDAHULU (PROPOSAL METODE RISET)


2.6 Penelitian Terdahulu

Dari penelitian terdahulu yang berjudul Analisis proses keputusan konsumen dan persepsi calon konsumen terhadap wisata kampung cendawarasi (studi kasus SD,SMP,SMA di kota Bogor) tahun 2009 yang ditulis oleh Utami Rakhmawati tentang kota Bogor yang dipenuhi dengan banyak objek wisata.Wisata Agro mulai diminati banyak wisatawan, salah satu wisata agro yang ada di kabupaten Bogor adalah Wisata Kampung Cendawasari,Bogor,Jawa Barat. Karena wisata kampung dapat bermanfaat untuk edukasi selain berekreasi. Untuk mengetahui faktor-faktor  apa yang dibutuhkan agar kampung wisata Cendawarasi dapat menjadi pilhan konsumen dalam berwisata.Melalui uji validitas, uji reabilitas, serta analisi distribusi deksriptif.
Selanjutnya penelitian oleh Nurdianti Rahayu, tahun 2006 mengenai Analisis proses pengambilan keputusan dan preferensi konsumen terhadap wana wisata Curug Nangka KPH bogor perum perhutani unit III Jawa Barat dan Banten. Mengenai Keindahan objek wisata alam hutan banyak digemari para wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal, keindahan alam yang ditawarkan wisata hutan ini mampu membuat para wisatawan menyegarkan fikiran, salah satu wisata hutan adalah wana wisata curug nangka yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih objek wisata, menggunakan pengumpulan data primer dan sekunder, metode purposive sampling.metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Penelitian juga dilakukan oleh Deden Wildan Ihshani, tahun 2005 dengan judul Analisi kepuasan konsumen terhadap atribut wisata Cangkuang, Garut, Jawa Barat.Pada saat konsumen mengunjungi objek wisata tertentu mereka memiliki preferensi sendiri yang berbeda-beda pada objek wisata tersebut. Eksistensi suatu objek wisata sangat tergantung kepada pengunjung. Pengelola objek wisata harus melihat pengunjung sebagai faktor yang menentukan dan menjadi prioritas utama. Mengetahui preferensi konsumen jasa wisata adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang baik.Pengumpulan data dilakukan dengan metode yang digunakan adalah metode survey.Metode Analisis yang dilakukan dengan menggunakan Importance Performance Analysis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar