Kamis, 29 November 2012

KERANGKA PEMIKIRAN (PROPOSAL METODE RISET)


2.2  Kerangka Pemikiran
Kemunculan obyek-obyek wisata di Jawa Barat yang semakin banyak, mulai dari wisata pendidikan, wisata kampung, agrowisata, dan lain lain menjadikan provinsi Jawa Barat menjadi salah satu pilihan untuk berwisata.  Fokus penelitian dalam ANALISIS KEPUTUSAN SERTA KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OBJEK WISATA DI JAWA BARAT ini adalah konsumen pariwisata atau pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. Konsumen adalah pihak yang menentukan kualitas jasa. Oleh karena itu pemasar harus mengetahui sampai sejauh mana kebutuhan konsumen yang perlu dipenuhi oleh pemasar tersebut. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keberadaan suatu wisata adalah pengunjung. Begitu pula dengan obyek-obyek wisata yang ada di provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan eksistensinya sangat dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang datang.
Oleh karena itu sangat penting bagi pemasar untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari pengunjung tersebut
agar perusahaan mendapatkan informasi yang akurat tentang pengunjung. Dalam setiap konsumsinya, konsumen cenderung melalui beberapa tahapan proses dalam pengambilan keputusan terlebih dahulu untuk mencapai kepuasan yang maksimum. Tahapan yang dilalui konsumen dalam proses keputusan pembeliannya tersebut diantaranya adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian serta pasca pembelian
atau hasil. Dalam menelaah proses tersebut digunakan analisis deskriptif.
Pengunjung objek wisata sebagai pemasar pariwisata memiliki penilaian tersendiri terhadap atribut-atribut kelengkapan objek-objek wisata di Jawa Barat. Untuk menganalisis preferensi pengunjung terhadap atribut yang ditawarkan objek wisata di Jawa Barat digunakan analisis multivariat yaitu analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut-atribut jasa wisata di provinsi Jawa Barat. Selain itu juga dilakukan analisis model regresi logistik ordinal untuk mengetahui variabelvariabel apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung. Setelah dilakukan analisis mengenai proses pengambilan keputusan konsumen serta preferensi terhadap objek-objek wisata di Jawa Barat, maka akan membantu pemasar dalam mengembangkan tempat wisata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar