Kamis, 29 November 2012

LATAR BELAKANG (PROPOSAL METODE RISET)


ANALISIS KEPUTUSAN SERTA KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OBJEK WISATA DI JAWA BARAT


BAB I

1.1 Latar Belakang
Industri Pariwisata merupakan salah satu sarana yang tepat dalam meningkatkan kemajuan ekonomi baik lokal maupun global. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang besar sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu tumpuan untuk menambah devisa negara. Selain itu, pariwisata adalah penyedia kesempatan kerja yang sangat dominan yakni sepuluh persen dari lapangan kerja di Indonesia dengan jumlah tenaga kerja langsung 7,3 juta orang dan yang tidak langsung sebesar lima juta orang (Santosa dalam Baskara, 2008). Keindahan alam yang ditawarkan oleh Indonesia menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan asing, oleh karenanya diperlukan adanya pelestarian lingkungan alam  dan budaya yang menjadi sumber  bagi pengembangan sektor wisata.
Prospek pariwisata di masa yang akan datang juga sangat menjanjikan dan memberikan peluang yang besar karena konsumsi jasa dalam bentuk komoditas wisata bagi sebagian besar masyarakat telah menjadi salah satu kebutuhan sebagai akibat meningkatnya pendapatan, maupun aktivitas yang padat. Indonesia tahun 2006 menargetkan 5,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara,dengan sasaran terbesar adalah turis dari Asia Tenggara. Keberhasilan dan kegagalan industri pariwisata di negara manapun tidak tergantung pada satu pihak saja, namun bergantung pada kerjasama banyak pihak, hal tersebut dapat didukung oleh provinsi-provinsi yang adadi Indonesia. Provinsi-provinsi di Indonesia mempunyai potensi untuk meningkatkan kepariwisataan di Indonesia salah satunya Provinsi Jawa Barat.
Jawa Barat dengan slogan Visit West Java adalah salah satu provinsi di Indonesia memilliki produk pariwisata yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga dapat besaing di kompetisi tingkat global dan memiliki peranan cukup besar dalam pengembangan pariwisata dan devisa negara.Beragam jenis wisata yang ditawarkan daerah Jawa Barat mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata alam, wisata religi dan objek wisata menarik lainnya yang menarik para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Jawa Barat.

Tabel 1.1 Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata di Provinsi Jawa Barat

Sumber : Disbudpar Kab/Kota di Jawa Barat, 2008

Di tahun 2005 kunjungan wisatawan mancanegara mengalami penurunan dan di tahun 2006 dan 2007 terjadi peningkatan kunjungan wisata. Secara keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara mengalamai peningkatan. Berdasarkan hal tersebut pemerintah Jawa Barat harus lebih menjaga dan meningkatkan kualitas potensi objek-objek wisata yang ada agar mampu mnearik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Jawa Barat. Tabel 1.2 dibawah ini menunjukkan beberapa objek wisata yang ada di Jawa Barat berdasarkan tipe daya tarik wisata.
Tabel 1.2
Obyek Wisata di Jawa Barat
No
Tipe Daya Tarik Wisata
Objek Wisata
1.
Gunung Berapi
Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Gede


Gunung Papandayan


Gunung Galunggung


Gunung Ciremai
2.
Rimba
Bodogol


Cagar Alam Pananjung


Kebun Raya Bogor


Kebun Raya Cibodas


Taman Safari
3.
Air
Air Panas Cimanggu


Arung Jeram Cikandang


Cagar Alam Pananjung


Ciater


Cipanas Tarogong


Situ Patenggang
4.
Pantai
Pantai pangandaran


Pantai Batu Hiu
5.
Agro
Pelabuhan Ratu


Wisata Agro Gunung Mas


Kampung Kolecer
Sumber : Disbudpar tahun 2008

Propinsi Jawa Barat memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang datang dari dalam maupun luar negeri karena keindahan alamnya. Sebelumnya para pengunjung dari luar negeri datang ke Jawa Barat bertujuan untuk mencari keuntungan dan keberuntungan, namun pada saat ini mayoritas pengunjung yang datang ke Jawa Barat bertujuan untuk berlibur dan berekreasi. Perkembangan Propinsi Jawa Barat yang dibagi menjadi beberapa daerah kabupaten dan kotamadya menyebabkan perlunya peningkatan devisa tiap daerah yang salah satu pemasukannya berasal dari pariwisata. Banyaknya lokasi objek wisata yang terdapat di Propinsi Jawa Barat dapat diketahui oleh para wisatawan baik mancanegara maupun domestik dengan cara melakukan promosi pariwisata.Daya tarik wisata di wilayah provinsi Jawa Barat mencakup alam,seni budaya,dan minat khusus,dimana potensi tersebut cukup beragam dan tersebar di wilayah Kabupaten/Kota  Jawa Barat.
Tabel1.3
Alasan Wisatawan Berkunjung Ke Suatu Objek Wisata
Sumber : Majalah Trave Edisi VII, Jnuari,2008
Tabel 1.3 menunjukkan bahwa terdapat beberapa alasan wisatawan mengunjungi suatu objek wisata. Sebesar 63,7 % wisatawan menyatakan bahwa alasan mereka mengunjungi objek wisata salah satunya karena pupularitas merek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar