Senin, 22 Oktober 2012

LATAR BELAKANG


JURNAL BARU


ANALISIS KEPUTUSAN SERTA KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OBJEK WISATA


Latar Belakang

Industri Pariwisata merupakan salah satu sarana yang tepat dalam meningkatkan kemajuan ekonomi baik lokal maupun global. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang besar sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu tumpuan untuk menambah devisa negara. Selain itu, pariwisata adalah penyedia kesempatan kerja yang sangat dominan yakni sepuluh persen dari lapangan kerja di Indonesia dengan jumlah tenaga kerja langsung 7,3 juta orang dan
yang tidak langsung sebesar lima juta orang (Santosa dalam Baskara, 2008). Keindahan alam yang ditawarkan oleh Indonesia menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan asing, sehingga dapat menambah devisa negara dan dapat membantu penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Prospek pariwisata di masa yang akan datang juga sangat menjanjikan dan memberikan peluang yang besar karena konsumsi jasa dalam bentuk komoditas wisata bagi sebagian besar masyarakat telah menjadi salah satu kebutuhan sebagai akibat meningkatnya pendapatan, maupun aktivitas yang padat.
Indonesia tahun 2006 menargetkan 5,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara,dengan sasaran terbesar adalah turis dari Asia Tenggara.

Jawa Barat yang memiliki logo Visit West Java adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki peranan cukup besar dalam pengembangan pariwisata dan devisa negara.Beragam jenis wisata yang ditawarkan daerah Jawa Barat mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata alam, wisata religi dan objek wisata menarik lainnya yang menarik para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Jawa Barat.


Propinsi Jawa Barat memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang datang dari dalam maupun luar negeri karena keindahan alamnya. Sebelumnya para pengunjung dari luar negeri datang ke Jawa Barat bertujuan untuk mencari keuntungan dan keberuntungan, namun pada saat ini mayoritas pengunjung yang datang ke Jawa Barat bertujuan untuk berlibur dan berekreasi. Perkembangan Propinsi Jawa Barat yang dibagi menjadi beberapa daerah kabupaten dan kotamadya menyebabkan perlunya peningkatan devisa tiap daerah yang salah satu pemasukannya berasal dari pariwisata. Banyaknya lokasi objek wisata yang terdapat di Propinsi Jawa Barat dapat diketahui oleh para wisatawan baik mancanegara maupun domestik dengan cara melakukan promosi pariwisata.Daya tarik wisata di wilayah provinsi Jawa Barat mencakup alam,seni budaya,dan minat khusus,dimana potensi tersebut cukup beragam dan tersebar di wilayah Kabupaten/Kota  Jawa Barat



Sumber :
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar