2.6 Penelitian Terdahulu
Dari penelitian terdahulu yang berjudul Analisis
proses keputusan konsumen dan persepsi calon konsumen terhadap wisata kampung
cendawarasi (studi kasus SD,SMP,SMA di kota Bogor) tahun 2009 yang ditulis oleh Utami Rakhmawati
tentang kota
Bogor yang dipenuhi dengan banyak objek wisata.Wisata Agro mulai diminati
banyak wisatawan, salah satu wisata agro yang ada di kabupaten Bogor adalah
Wisata Kampung Cendawasari,Bogor,Jawa Barat. Karena wisata kampung dapat
bermanfaat untuk edukasi selain berekreasi. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang dibutuhkan agar kampung wisata
Cendawarasi dapat menjadi pilhan konsumen dalam berwisata.Melalui uji validitas, uji reabilitas, serta analisi
distribusi deksriptif.
Selanjutnya penelitian oleh Nurdianti
Rahayu, tahun 2006 mengenai Analisis proses pengambilan keputusan dan
preferensi konsumen terhadap wana wisata Curug Nangka KPH bogor perum perhutani
unit III Jawa Barat dan Banten. Mengenai
Keindahan objek wisata alam hutan banyak digemari para wisatawan baik wisatawan
mancanegara maupun wisatawan lokal, keindahan alam yang ditawarkan wisata hutan
ini mampu membuat para wisatawan menyegarkan fikiran, salah satu wisata hutan
adalah wana wisata curug nangka yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih
objek wisata, menggunakan pengumpulan data primer dan sekunder, metode purposive sampling.metode analisis dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Penelitian juga dilakukan oleh Deden Wildan Ihshani, tahun 2005 dengan judul Analisi
kepuasan konsumen terhadap atribut wisata Cangkuang, Garut, Jawa Barat.Pada
saat konsumen mengunjungi objek wisata tertentu mereka memiliki preferensi
sendiri yang berbeda-beda pada objek wisata tersebut. Eksistensi suatu objek
wisata sangat tergantung kepada pengunjung. Pengelola objek wisata harus
melihat pengunjung sebagai faktor yang menentukan dan menjadi prioritas utama.
Mengetahui preferensi konsumen jasa wisata adalah salah satu cara untuk
meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang baik.Pengumpulan data
dilakukan dengan metode yang digunakan adalah metode survey.Metode Analisis
yang dilakukan dengan menggunakan Importance
Performance Analysis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar