2.2 Kerangka
Pemikiran
Kemunculan obyek-obyek
wisata di Jawa Barat yang semakin banyak, mulai dari wisata pendidikan, wisata
kampung, agrowisata, dan lain lain menjadikan provinsi Jawa Barat menjadi salah
satu pilihan untuk berwisata. Fokus
penelitian dalam ANALISIS KEPUTUSAN SERTA
KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OBJEK WISATA DI JAWA BARAT ini adalah konsumen
pariwisata atau pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut.
Konsumen adalah pihak yang menentukan kualitas jasa. Oleh karena itu
pemasar harus mengetahui sampai sejauh mana kebutuhan konsumen yang
perlu dipenuhi oleh pemasar tersebut. Salah satu faktor yang
sangat mempengaruhi keberadaan suatu wisata adalah pengunjung. Begitu pula
dengan obyek-obyek wisata yang ada di provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan
eksistensinya sangat dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang datang.
Oleh karena itu
sangat penting bagi pemasar untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari
pengunjung tersebut
agar perusahaan mendapatkan informasi yang akurat tentang pengunjung. Dalam
setiap konsumsinya, konsumen cenderung melalui beberapa tahapan proses dalam
pengambilan keputusan terlebih dahulu untuk mencapai kepuasan yang maksimum.
Tahapan yang dilalui konsumen dalam proses keputusan pembeliannya tersebut
diantaranya adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi
alternatif, pembelian serta pasca pembelian
atau hasil. Dalam menelaah proses tersebut digunakan analisis deskriptif.
Pengunjung objek wisata sebagai pemasar pariwisata
memiliki penilaian tersendiri terhadap atribut-atribut kelengkapan objek-objek
wisata di Jawa Barat. Untuk menganalisis preferensi pengunjung terhadap atribut
yang ditawarkan objek wisata di Jawa Barat digunakan analisis multivariat yaitu
analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen
terhadap atribut-atribut jasa wisata di provinsi Jawa Barat. Selain itu juga
dilakukan analisis model regresi logistik ordinal untuk mengetahui
variabelvariabel apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung.
Setelah dilakukan analisis mengenai proses pengambilan keputusan konsumen serta
preferensi terhadap objek-objek wisata di Jawa Barat, maka akan membantu
pemasar dalam mengembangkan tempat wisata tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar