NPM :16210885
Kelas :3ea13
Pendahuluan
BAB I
1.1 Pengertian
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui
oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevakuasi dan membuang produk dan atau jasa setelah di konsumsi untuk
memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa
tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian dan setelah pembelian. Pada
tahap sebelum pembelian konsumen melakukan pencarian informasi yang terkait
produk dan atau jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian
produk dan atau jasa. Pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi
(penggunaan produk), evaluasi kinerja produk dan akhirnya membuang produk
setelah di gunakan. Dalam hal ini konsumen akan memperoleh pengalaman dan
pengetahuan tentang pembelian dan konsumsi yang mereka terapkan pada perilaku
yang berhubungan di masa akan datang.
a.
Faktor
yang mempengaruhi pilihan konsumen sebagai berikut :
·
Konsumen
individu : pilihan merk, kebutuhan konsumen, persepesi atas karakteristik merk
dan sikap ke arah pilihan.
·
Pengaruh
lingkungan : budaya dan kelas sosial.
·
Marketing
Strategy : variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan
mempengaruhu konsumen, barang, harga, periklanan, distribusi.
1.2 Pengertian
Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau
jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri,
keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
·
Konsumen adalah Raja.
·
Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti
melalui penelitian.
·
Perilaku konsumen dapat dipengaruhi
melalui kegiatan persuasif.
·
Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki
hasil yang menguntungkan secara sosial.
1.3 Penelitian
Konsumen Sebagai Suatu Bidang yang Dinamis
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen. Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan
hal yang mendasarinya. Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta
dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan
teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan
konsumen.Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada
teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.
Perilaku konsumen dikatakan dinamis dikarenakan proses
berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok konsumen,
dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang
dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat
menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan
tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu
perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk
meraih konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar