Sabtu, 08 Juni 2013

Tulisan Bebas 1


Klasik Belgia

            Beribukota di Brussel, Belgia terkenal akan Cokelat, wafel, dan menara tinggi, Atomium. Itulah tiga hal yang terlintas di benak saya begitu mendengar kata Belgia.
Belgia memang tak sebesar perancis dan tak setenar Inggris, namun menyusuri keindahan negara ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki, menggunakan kereta kuda. Keindahan yang dimiliki Negara ini bisa dirangkum dengan beberapa tempat yang harus dikunjungi,
1.       Mannekin Pis
landmark Brussel yang harus dikunjungi, yaitu patung bocah pipis yang bernama Manneken Pis. Mudah sekali menemukan patung ini, karena letaknya tak jauh dari Grand Place, tepatnya di sudut jalan Rue de l’Etuve dan Rue du Chêne. Jangan kaget ketika Anda melihat patung ini, yang ternyata berukuran sangat imut. Patung perunggu karya Jerome Duquesnoy pada tahun 1619 ini tingginya hanya sekitar 60 cm. Kostum Manneken Pisselalu berganti-gantisesuai musim (event) yang sedang digelar di Brussel.

2.       Hangout di Terrace Café
Acara berkumpul bersama keluarga atau teman di kafe teras merupakan tradisi di tiap kota di Belgia, saat musim panas atau semi mereka sekan menikmati kehangatan sinar matahari, karena cuaca belgia selebihnya mengalami musim dingin. Menu yang ditawrkan seperti kaaskroketten, quiche, dan beberpa menu khas lainnya

3.       Belgia merupakan the heaven for chocolate lover
Kenapa? Karena Belgia terkenal di seantero dunia akan kualitas dan citarasa cokelatnya yang tinggi, ada sekitar 172.000 ton cokelat  yang diproduksi setiap tahunnya dan dijual di lebih dari 2100 toko cokelat, maka tak heran bila berwisata ke Belgia tak lupa membeli oleh-oleh cokelatnya.
4.       Wafel Belgia
Tak engkap rasanya pabila ke Belgia tidak mencoba wafel Belgia yang tersohor,
Melihat banyak kedai penjual wafel yang bertebaran di sekitar Grand Place, Harganya yang cukup terjangkau sekitar € 1,50 (sekitar Rp18 ribu).
5.       Menara Antonium
Bangunan ini terletak di pinggiran kota Brussel, tepatnya di daerah Heysel/Heizel. Atomium merupakan monumen setinggi 102 meter yang terdiri dari sembilan bola logam yang dihubungkan dengan 20 batang baja membentuk atom kristal besi. Monumen yang didesain oleh André Waterkeyn ini dibangun pada tahun 1958 menjelang Brussels Expo 1958. Sembilan bola logam atomium merupakan perwujudan sembilan atom kristal besi dengan perbesaran 150 miliar kali. Seluruh bola tadi mempunyai fungsi yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar